Friday, July 5, 2013

Cara Agar Dokumen Ms Word Tidak Bisa di Edit/di Copy Paste

Cara Agar Dokumen Ms Word Tidak Bisa 
di Edit/di Copy Paste 

Cara ini berguna bagi data penting anda agar tidak bisa di edit oleh orang lain tanpa sepengetahuan anda. Pasti Anda akan marah dan kesal jika mendapati dokumen word anda sudah berubah isinya, padahal itu dokumen penting. Agar Anda tidak mengalami hal tersebut sebaiknya beri perlindungan pada dokumen tersebut.

Untuk mencegah tindakan editing baik disengaja ataupun tidak disengaja, caranya dengan melindungi file dokumen Anda dengan password sehingga hanya Anda dan orang yang mengetahui password yang dapat melakukan perubahan terhadap dokumen tersebut. File dokumen word Anda tetap bisa dibaca, tetapi untuk dapat melakukan editing pengguna harus memasukkan pasword yang benar. Berikut langkah-langkahnya:
1.  Buka dokumen Microsoft Word Anda dan klik menu Review kemudian klik Protected Document, maka akan muncul jendela kecil di sebelah kanan dokumen Word Anda. Klik Restrict Formatting and Editing (office 2007). Jika office 2010 Review-Restrict Editing.

2.   Masih di jendela kecil sebelah kanan Anda, akan muncul jendela lebih panjang dengan beberapa pengaturan. Pertama centang Limit Formatting to a selection of styles, kemudian centang Allow only this type of editing in the document kemudian klik tombol Yes, Start Enforcing Protection.

Catatan:
Pada pilihan Allow only this type of editing in the document ada beberapa pilihan disini yang memiliki fungsi tersendiri pada tulisan, diantaranya :
* Tracked Changes : Tulisan yang diedit di garis mera (srtoke)
* Comments : Pilihan untuk menjadikan tulisan sebagai komentar
* Filling In Form : Pilihan agar tulisan dokumen tidak bisa di edit atau di Copy
* No Changes (read Only) : pilihan ini hanya untuk Anti Edit pada tulisan dan bisa di copy

Nah, disini anda pilih yang Filling In Form agar dokument tidak bisa di edit atau dicopy paste.

3.  Setelah Anda klik tombol Yes, Start Enforcing Protection maka akan muncul jendela baru yang meminta Anda mengatur password yang Anda inginkan agar dapat melakukan perubahan pada dokumen di kemudian hari. Setelah Anda masukkan pasword, klik tombol OK untuk melanjutkan dan sampai di sini langkah perlindungan dokumen Anda telah selesai dan dokumen Anda dipastikan aman dari resiko kejadian yang tidak diinginkan. Setiap pengguna lain yang mengakses dokumen Anda hanya bisa membaca tanpa dapat melakukan modifikasi karena telah terlindungi oleh password, untuk itu pastikan password yang Anda gunakan tidak mudah ditebak.

Cara Mengembalikan Proteksi
Setelah dokumen Anda aman dari tangan-tangan jahil, sekarang bagaimana jika Anda yang ingin melakukan modifikasi terhadap dokumen tersebut, caranya gampang. Cukup arahkan mouse anda ke dalam dokumen dan cobalah untuk melakukan perubahan atau pilih Review kemudian Restrict Editing.
 

Setelah itu klik saja Stop Protection dan Anda akan diminta mengisi password yang telah Anda atur sebelumnya, klik OK dan Anda dapat melakukan perubahan dan modifikasi pada dokumen tersebut seperti biasa. Ingat, lakukan perlindungan kembali jika Anda ingin menyimpan dan menutup dokumen.

 

Baca Juga Trik Yang Lain:
  1. Cara mengganti font pada windows 7 
  2. Cara menghapus file yang tidak bisa dihapus
  3. Cara memperbesar tampilan dekstop 
  4. Cara agar file komputer tidak bisa dicopy paste ke flashdisk
  5. Cara menghilangkan This copy of windows is not genuine pada win 7 

3 comments

Write comments
Unknown
AUTHOR
February 18, 2017 at 5:29 AM delete

mmmmuuuuaaakkkaaasiiihhh bbbiiinnnggggiit gaaannnnn

Reply
avatar