Monday, June 17, 2013

Cara Menulis Aksara Jawa Di Komputer

Cara Menulis Aksara Jawa Di Komputer Menggunakan Program Office

Mungkin diantara anda membutuhkan Font Huruf Jawa atau Huruf pallawa, untuk kebutuhan menuliskan menggunakan abjad atau huruf Jawa. Mungkin untuk kebutuhan pelajaran bahasa Daerah bahasa Jawa , atau anda mungkin penggiat budaya daerah yang memerlukan program untuk menuliskan artikel dalam huruf Pallawa atau huruf Jawa. Ha Na Ca Ra Ka, Da Ta Sa Wa La, Pa Dha Ja Ya Nya, Ma Ga Ba Tha Nga.
Caranya cukup mudah, anda hanya cukup menginstall Font Hanan atau Font Huruf Pallawa di PC Windows anda, kemudian untuk menuliskannya anda bisa menggunakan Aplikasi Program Office, misalkan MS Office, King Office, Open Office atau program Office lainnya.


Oke, langsung saja silahkan anda:

Download Font huruf Jawa atau font Hanan beserta tutorial penulisannya DISINI

Setelah langkah install font diatas selesai maka otomatis Font Huruf Jawa akan tersedia pada pilihan Font pada aplikasi program Office di komputer anda, caranya cukup pilih Font Jawa tersebut yang bertanda Tulisan Jawa pada pilihan Font pada aplikasi Office.


Selamat anda sudah bisa memulai berkreasi atau menuliskan tulisan menggunakan huruf Jawa. Agar file tulisan tersebut bisa dibaca pada komputer lain, maka anda juga memerlukan langkah menginstall Huruf jawa Pallawa seperti di atas tersebut di komputer lain yang ingin anda gunakan.

Bagaimana mudahkan? Semoga tutorial cara langkah menginstall Font Tulisan Jawa Palawa pada windows, atau menuliskan tulisan Jawa pada Program MS Office maupun Aplikasi Office lainnya bisa bermanfaat buat anda.

Baca juga trik yang lain: