Tuesday, July 9, 2013

Cara Mengubah Format File Dari Teks Dokumen Microsoft Word ke Sebuah File Audio (MP3)

Pasti sebuah pertanyaan besar sedang berputar-putar dalam benak Anda. Apakah mengubah format file dokumen menjadi file audio memungkinkan? Beberapa dekade lalu mungkin pertanyaan ini masih dijawab dengan sanggahan, namun kini telah ada proyek untuk melakukannya dengan baik.

Saat ini, kemajuan teknologi telah memungkinkan akan adanya sebuah cara untuk mengubah pesan suara menjadi sebuah teks. Cara yang dinamakan speech recognition ini kini makin dikembangkan dan bermunculan pula cara untuk melakukan hal yang berlawanan, yang disebut juga sistem text-to-speech. Saat ini, beragam software text to speech telah beredar di pasar, pastinya akan membantu Anda untuk memiliki versi audio dari literatur-literatur yang Anda miliki.

Salah satu software yang dapat menjalankan kemampuan mengubah format file dokumen ke sebuah file audio adalah Balabolka. Nah, jika anda ingin mencobanya berikut saya berikan link downloadnya dan juga tutorial dalam bentuk video di bawah ini agar anda lebih mudah memahaminya. Di blog ini anda bisa memilih Software Balabola dalam versi installer ataupun dalam versi Portable. Selamat mencoba.

Kekurangan dari aplikasi ini, suara yang keluar adalah suara dari native speaker (Orang bule asli) sehingga jika anda memasukkan kata-kata ber-bahasa Indonesia akan terbaca menggunakan akses bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia.