Thursday, October 6, 2011

Komponen-komponen Kurikulum


Komponen-Komponen Kurikulum

Pada pertemuan sebelumnya telah dipelajari bahwa untuk memahami kurikulum kita dapat membedah definisi kurikulum ke dalam unsur-unsur kurikulum. Dengan mengetahui unsur-unsur kurikulum, kita akan jauh lebih mudah untuk mengetahui komponen-komponen kurikulum.

Perbedaan ruang lingkup kurikulum juga dapat menggambarkan berbagai perbedaan dalam definisi kurikulum. Ada yang berpendapat bahwa kurikulum adalah "statement of objectives" (McDonald; Popham), ada yang mengatakan bahwa kurikulum adalah rencana bagi guru untuk mengembangkan proses pembelajaran atau instruction (Saylor, Alexander,dan Lewis, 1981).

Ada yang mengatakan bahwa kurikulum adalah dokumen tertulis yang berisikan berbagai komponen sebagai dasar bagi guru untuk mengembangkan kurikulum guru (Zais,1976:10). Ada juga pendapat resmi negara seperti yang dinyatakan dalam Undang-Undang nomor 20 tahun 2003 yang menyatakan bahwa kurikulum adalah "seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaranserta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu" (pasal 1 ayat 19).

Dari definisi kurikulum sebagaimana telah dirumuskan dalam UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa kurikulum itu terdiri dari beberapa komponen utama:

1.          Isi dan bahan pelajaran;
2.          Cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran;
3.          Tujuan pendidikan yang akan dicapai

Subandiyah dalam bukunya menyebutkan komponen utama kurikulum adalah:

1.          Tujuan pendidikan;
2.          Isi/materi;
3.          Organisasi/strategi;
4.          Media;
5.          Proses belajar mengajar;

Sedang komponen penunjangnya adalah:

1.          Sistem administrasi dan supervise;
2.          Bimbingan dan penyuluhan;
3.          Sistem evaluasi