Rabu, 08 Mei 2013

Blog Sebagai Media Pembelajaran


BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

A.           MEDIA WEB BLOG
Blog berasal dari kata Web Blog. Web artinya internet sedangkan Blog mempunyai makna catatan. Jadi makna harfiahnya Blog adalah catatan harian yang ditulis oleh pemiliknya dan dipublikasikan di internet.
Definisi Blog menurut Ahmed Isnani, pemilik Blog www.isnaini.com, Blog atau Web Blog adalah catatan pribadi seseorang di internet. Berisi informasi yang sering di update dan kronologis. Blog lebih identik dengan sebuah dairy. Perbedaan mendasar adalah bahwa Blog bisa dibaca siapa saja. Banyak Blog yang fokus terhadap satu objek informasi, misalnya politik, Web Design, Olahraga dll. Tapi kebanyakan Blog itu lebih seperti jurnal pribadi yang berisi informasi perjalanan dan kehidupan sehari-hari seorang Blogger.
Blog adalah salah satu aplikasi internet content yang sangat digemari saat ini, karena selain tersedia secara gratis pada masing-masing servernya, seorang pemilik blog tidak harus menguasai script pemrograman walaupun sedikit. Kesederhanan, kesimpelan dan kemudahan dalam manajemenya menjadikan blog semakin populer.
Jika selama ini banyak kalangan mengeluh betapa sulitnya membangun personal web, dengan berbagai persyaratan bahasa pemrograman dan hosting yang memakan waktu dak energi, sudah saatnya untuk bermigrasi ke blog. Sudah waktunya ilmu yang kita miliki untuk dituangkan ke dunia cyber demi mencerdaskan bangsa ini.
Puluhan bahkan ratusan artikel dan bahan ajar yang telah dibuat oleh masing-masing tenaga pendidik baik dosen, guru maupun instruktur yang selama ini hanya menjadi koleksi pengisi hard dsik komputer. Bahan-bahan itu dinikmati sendiri tanpa mau berbagi.
Bisa dibayangkan jika ratusan bahkan ribuan tenaga edukatif mempublikasikan tulisan, bahan ajar, artikel dan berbagai karya tulis lainya melalui fasilitas blog. Dunia pendidikan kita khususnya peserta didik tidak akan pernah kekurangan refrensi dalam menggali ilmu pengetahuan dan keterampilan.
Maka dari itu media pembelajaran merupakan salah satu unsur penting dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran dapat membuat pembelajaran lebih efektif dan efisien. Media pembelajaran tentunya harus relevan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai kelak, serta diharapkan dapat membangkitkan minat mahasiswa untuk mencari, mengamati dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Dalam memilih media pembelajaran tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :
1)      Ketepatan media yang digunakan dengan tujuan pembelajaran
2)      Kesesuaian media dengan karakteristik sasaran
3)      Kemudahan memperoleh media
4)      Media harus meningkatkan sistematika istruksional
5)      Hemat Biaya
Sedangkan dalam media interaktif Thorn mengajukan enam kriteria penilaian, yakni kriteria penilaian yang pertama adalah kemudahan navigasi. Sebuah program harus dirancang sesederhana mungkin sehingga pembelajar bahasa tidak perlu belajar komputer lebih dahulu. Kriteria yang kedua adalah kandungan kognisi, kriteria yang lainnya adalah pengetahuan dan presentasi
Kedua kriteria ini adalah untuk menilai isi dari program itu sendiri, apakah program telah memenuhi kebutuhan atau belum. Kriteria keempat adalah integrasi media di mana media harus mengintegrasikan aspek dan ketrampilan bahasa yang harus dipelajari. Untuk menarik minat pembelajar program harus mempunyai tampilan yang artistik maka estetika juga merupakan sebuah kriteria. Kriteria penilaian yang terakhir adalah fungsi secara keseluruhan. Program yang dikembangkan harus memberikan pembelajaran yang diinginkan oleh pembelajar. Sehingga pada waktu seorang selesai menjalankan sebuah program dia akan merasa telah belajar sesuatu.
Blog punya potensi dikembangkan sebagai media pembelajaran. Setidaknya artikel dalam blog tersebut bisa memperkaya bahan ajar di luar proses belajar mengajar secara tatap muka. Selain itu, melalui blog materi bisa tersaji lebih menarik. Sebab, bisa dilengkapi dengan grafis, ilustrasi/ gambar/ foto, video, dll.
B.            JENIS-JENIS BLOG
Secara Umum Blog dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :
1.    Blog Portofolio
Blog yang menampilkan hasil karya dari blogger. Pada umumnya blog jenis ini dibuat untuk menampilkan karya desain, fotografi (photoblog), dan komik (comicblog).
2.    Blog Bertopik
Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
3.    Blog Katalog
Blog yang kontennya berisikan daftar hal – hal yang menarik untuk blogger. Pada umumnya katalog design, kumpulan link – link, dsb.
4.    Blog General
Blog ini umumnya memiliki banyak topik dan tidak ada korelasi antar topik. Karena sifatnya yang umum maka blog ini bisa kombinasi antara Blog Personal dan Blog Specific.
5.    Blog Sebagai Newsroom
Blog berperan sebagai media elektronik yang menyebarluaskan berita yang sedang terjadi. Perubahan kecenderungan manusia untuk mengakses berita dari media cetak menjadi media elektronik menjadikan tulisan-tulisan dalam blog sebagai sumber-sumber berita terkini secara online.
C.           SARANA PENDUKUNG

1)        LAN atau Local Area Network
LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil.
2)        Modem
Modem berasal dari singkatan modulator demodulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar