Sunday, July 21, 2013

Cara Mengunci Program dengan Password Menggunakan WinUtilities

     Kadang kita kesal bila anggota keluarga kita seperti anak, adik yang masih sekolah menghabiskan waktunya untuk bermain game atau ber internet sehingga lupa makan, belajar dan lain-lain. Tidak mungkin kita harus menjagai komputer terus menerus, pasti ada suatu saat kita memiliki kesibukan sendiri di luar, nah pada kesempatan tersebut anggota keluarga akan merasa senang bila kita berpergian sehingga mereka bisa bermain sepuasnya tanpa ada yang melarang atau mengawasinya.

     Cara yang terbaik adalah mendisiplinkan mereka, dengan cara mengunci program tertentu, seperti game, mozilla firefox, mp3 playar, DVD Player dll, sehingga kita tidak perlu mengawasi komputer terus. Bila sebuah program telah di protek, siapa saja yang ingin membukanya harus memasukkan pasword. Bila mereka tidak tau paswordnya maka program tersebut tidak dapat digunakan. Sebagai contoh disini saya akan memproteksi browse Google Chrome, untuk mendisiplinkan seseorang atau anggota keluarga bermain internet. Untuk memprotek program aplikasi anda harus mengikuti langkah-langkah berikut :

1. Anda harus memiliki sebuah program untuk memproteksi aplikasi. Download WinUtilities DISINI   
2. Install aplikasi tersebut (menurut saya pada pilihan bahasa, gunakan saja Bahasa Indonesia) dan jalankan programnya. 
3. Klik Menu Privasi dan Keamanan, kemudian klik menu Pelindung file Exe.


4. Setelah itu akan muncul jendela WinUtilities Protect. Pada opsi proses ada dua pilihan yaitu melindungi file dan hapus sandi. Anda pilih melindungi file dan klik berikutnya.


5. Kemudian akan muncul jendela seperti dibawah ini. Masukkan nama file dan lokasinya, atau bila anda tidak mengetahui, klik Jelajahi pada bagian pilih file. Disini sebagai contoh kita ingin memproteksi Google Chrome (lihat gambar dibawah) dan klik Open.


6. Setelah anda memilih file yang ingin diprotek, klik Berikutnya untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.


7. Masukkan pasword yang ingin anda buat, kemudian masukkan sekali lagi pasword yang sama untuk konfirmasi, lalu klik Berikutnya.


8. Klik tombol Berikutnya bila muncul jendela seperti gambar berikut.


9. Kemudian WinUtilities akan memproses, dan klik Tutup/close bila registrasi succsess 100%
10. Setelah anda melakukan langkah tersebut diatas, coba buka program yang telah anda kunci tersebut (contoh di sini memproteksi Googgle Chrome), maka ketika anda mengklik program yang ingin anda jalankan, maka akan diminta untuk memasukkan password.


11. Selamat mencoba semoga bermanfaat. 


SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR DAN FOLLOW JUGA YA....!

Baca juga trik yang lain:

1 comments:

Write comments
Unknown
AUTHOR
December 13, 2016 at 8:01 PM delete

bagaimana kalau lupa passwod?

Reply
avatar